Tips

Strategi Sukses Menarik Pelanggan Baru ke Rumah Makan Anda

Mungkin Anda pernah mengalami situasi di mana Anda membuka sebuah rumah makan, melakukan berbagai promosi, namun tetap saja tidak mendapatkan respon yang baik. Atau mungkin Anda pernah bertanya-tanya mengapa suatu tempat makan yang memiliki rasa enak, pelayanan yang baik, dan suasana yang nyaman tetap sepi pelanggan.

Mari kita telaah fenomena apa yang menjadi faktor penentu bagi calon pelanggan baru dalam memilih tempat makan. Bayangkanlah jika kita berada di daerah yang asing, merasa lapar, dan mencari tempat makan.

Di sepanjang jalan yang kita lewati, kita melihat beberapa rumah makan yang hampir semuanya menawarkan promosi standar seperti diskon 20-50%, paket hemat, atau pembelian satu mendapatkan dua. Jika di antara rumah makan tersebut terdapat satu cabang dari rumah makan yang biasa kita kunjungi, maka kemungkinan besar kita akan memilih rumah makan tersebut tanpa memedulikan promosi yang sedang berlangsung.

Mengapa demikian? Hal ini karena jarang sekali orang yang berspekulasi mengenai masalah rasa makanan. Oleh karena itu, strategi promosi dalam bisnis makanan akan berbeda dengan bisnis di bidang fashion atau bidang lainnya.

Bagaimana jika tidak ada rumah makan yang biasa kita kunjungi? Apa yang akan menjadi pertimbangan mayoritas orang dalam memilih tempat makan yang baru dan mencobanya?

Strategi Sukses Menarik Pelanggan Baru Yang Harus Diperhatikan Pemilik Usaha

1 Nama Yang Mudah Dikenal

Nama yang familiar dapat menjadi faktor penting. Misalnya, jika kita sering melihat atau mendengar nama “Ayam Goreng Jongkok” di mana-mana, kemungkinan besar kita akan memilih tempat tersebut, bahkan jika tidak ada diskon pun. Apa yang membuat orang mengingat sebuah nama? Nama yang unik, sering terlihat (dengan banyaknya cabang), sering terdengar (dibicarakan orang), atau sering teriklan. Oleh karena itu, buatlah nama yang unik dan mudah diingat untuk rumah makan Anda, sehingga nama tersebut dapat menjadi bahan pembicaraan di kalangan orang-orang.

2. Tempat Yang Selalu terlihat Ramai

Tempat yang terlihat ramai juga dapat menjadi faktor penentu. Mengapa demikian? Karena secara umum, kita mengasumsikan bahwa tempat yang ramai merupakan tempat yang populer dan memiliki makanan yang enak. Padahal, dalam kenyataannya, tempat tersebut mungkin ramai karena adanya loket pembayaran listrik, air, atau telepon di sana. Atau mungkin juga karena teman-teman asosiasi melakukan pertemuan gratis di tempat tersebut. Baik disengaja maupun tidak, faktor tersebut akan menarik perhatian pelanggan baru. Oleh karena itu, usahakanlah agar rumah makan Anda selalu terlihat ramai, bagaimanapun caranya.

3. Kualitas Makanan

kualitas makanan

Dalam menjalankan bisnis makanan, penting untuk memperhatikan faktor-faktor di atas guna menarik minat calon pelanggan. Seiring dengan itu, penting pula untuk tetap menjaga kualitas rasa makanan, pelayanan yang baik, dan suasana yang nyaman. Semua hal ini akan berkontribusi dalam membentuk citra positif tentang rumah makan Anda. Jika Anda ingin berhasil dalam industri makanan, Anda perlu memahami bahwa makanan yang lezat saja tidak cukup. Anda juga perlu mengambil langkah-langkah ekstra untuk menarik perhatian dan memikat pelanggan.

Related posts

Perlukah Kita Mengambil Kelas Coaching untuk Bisnis?

Faqih Jafar

5 Cara Agar Karyawan Betah Selamanya

Faqih Jafar

5 Cara Menaikkan Keuntungan Usaha: Strategi Efektif untuk Mengatasi Penurunan Omzet

Agung

Leave a Comment