Tips

Rahasia Mendapatkan Modal Bisnis dengan Trik Unik yang Tak Terpikirkan

Modal sering kali menjadi alasan utama yang diutarakan oleh pengusaha UKM saat mereka berencana membuka atau mengembangkan bisnis mereka. Namun, terkadang mereka tidak menyadari bahwa ada berbagai trik unik untuk mendapatkan modal yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mendapatkan pendanaan untuk usaha Anda dengan cara-cara yang kreatif dan tidak konvensional.

Trik-Trik Unik untuk Mendapatkan Pendanaan

Nego Gratis

Ada beberapa hal, seperti tempat usaha, yang dapat Anda negosiasikan secara gratis. Misalnya, Anda dapat mencoba untuk mendapatkan penawaran 6 bulan gratis untuk menyewa tempat usaha. Untuk melakukan ini, buatlah proposal yang singkat dan jelas, yang menjelaskan sepuluh alasan mengapa Anda layak mendapatkan penawaran gratis tersebut. Pastikan proposal Anda menunjukkan nilai yang dapat Anda berikan kepada pemilik tempat usaha tersebut.

Bayar Mundur kepada Supplier/Kontraktor

Salah satu trik yang dapat Anda gunakan adalah dengan bernegosiasi untuk membayar kepada supplier atau kontraktor Anda setelah Anda menerima pemasukan dari pelanggan. Hal ini akan membantu Anda mengatur aliran kas Anda dengan lebih baik, karena Anda dapat menggunakan pendapatan dari penjualan Anda untuk membayar kewajiban Anda kepada pihak lain.

Beli Bayar Mundur-Jual Rugi Tunai

Cara ini melibatkan membeli barang dengan kredit atau tempo, dan kemudian menjualnya dengan harga yang lebih rendah secara tunai. Sebagai contoh, Anda dapat membeli barang dengan kredit dan menjualnya dengan harga 5% lebih rendah jika pembeli membayar secara tunai. Uang yang Anda terima dari penjualan tunai ini dapat digunakan untuk membeli stok barang dengan perputaran harian sebesar 3% selama 25 hari.

Sistem Bagi Hasil (Bukan Saham)

Anda dapat menjalin kerjasama dengan pihak lain melalui sistem bagi hasil, yang dapat dilakukan dalam bentuk pembagian laba bulanan atau per proyek dengan periode tertentu. Pada akhir kontrak, modal yang telah ditanamkan akan dikembalikan kepada pihak yang memberikan modal. Namun, sistem ini membutuhkan pelaporan laba rugi yang baik agar dapat berjalan dengan efektif. Alternatifnya, Anda juga dapat menentukan persentase bagi hasil berdasarkan omset yang Anda dapatkan.

Hutang Bunga Tetap

Metode ini lebih sederhana dalam perhitungan, karena memiliki sistem pembayaran yang tetap, tanpa perlu melaporkan laba rugi setiap bulan. Namun, kekurangannya adalah jika bisnis Anda tidak menghasilkan keuntungan, Anda masih tetap memiliki kewajiban untuk membayar bunga sesuai kesepakatan.

Jual Saham dengan Opsi Pembelian Kembali

Anda dapat menjual sebagian saham bisnis Anda dengan perjanjian bahwa setelah beberapa tahun, Anda memiliki opsi untuk membeli kembali saham tersebut dengan harga yang telah disepakati saat itu.

Jual Saham Badan Usaha Permanen

Opsi ini perlu dipertimbangkan dengan cermat dan hati-hati karena melibatkan penjualan saham yang berarti bahwa pembeli saham akan memiliki hak suara dan pengaruh dalam pengaturan bisnis Anda. Batasi kepemilikan maksimum pembeli saham hingga 30% agar Anda tetap memiliki kendali atas keputusan bisnis yang penting.

Jual Saham Cabang yang Menguntungkan

Anda dapat menjual saham cabang bisnis yang telah sukses dan menguntungkan, baik secara keseluruhan (take over) atau sebagian. Opsi ini sering digunakan oleh perusahaan waralaba besar yang memiliki banyak cabang untuk mengoptimalkan modal dan fokus pada pengembangan cabang-cabang baru.

Tukar Guling

Salah satu cara kreatif untuk mendapatkan modal adalah melalui sistem barter atau tukar guling. Misalnya, Anda dapat bernegosiasi dengan pemilik mal untuk mendapatkan tempat usaha secara gratis dengan menukar layanan pelatihan kepada karyawan mal atau dengan menyediakan produk atau jasa lain yang berguna bagi mereka. Ini dapat menjadi win-win solution di mana kedua belah pihak mendapatkan manfaat.

Ventura atau Lembaga Manajemen Investasi

Anda dapat mencari pendanaan dari lembaga ventura atau lembaga manajemen investasi yang khusus didirikan untuk memberikan modal kepada bisnis yang sedang berkembang. Biasanya, lembaga-lembaga ini tertarik untuk berinvestasi dalam bisnis yang memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi.

Pembayaran dengan Kartu Kredit

Untuk bisnis seperti perencana acara (Event Organizer), Anda dapat mempertimbangkan menggunakan kartu kredit sebagai sumber modal. Kartu kredit dapat digunakan sebagai uang muka untuk membayar hotel, percetakan, dan kebutuhan lainnya yang terkait dengan acara yang sedang Anda atur. Namun, pastikan Anda dapat mengelola pembayaran kartu kredit secara bijak untuk menghindari hutang yang membengkak.

Pinjaman dengan Bunga Ringan

Seiring dengan pepatah “Sebaik-baik bank adalah bank mertua”, Anda dapat mencari pinjaman dari keluarga atau kerabat dekat dengan bunga yang lebih ringan atau bahkan tanpa bunga. Dalam hal ini, penting untuk menjalin hubungan baik dan menghormati perjanjian yang telah dibuat, sehingga kedua belah pihak merasa nyaman dan saling percaya.

Kesimpulan

Dengan menggabungkan berbagai trik di atas, Anda sebenarnya hanya perlu mencari modal sebesar maksimal 30% dari investor dalam bentuk saham, sementara sisanya dapat diperoleh melalui kombinasi trik-trik kreatif di atas. Penting untuk melakukan kajian dan perencanaan yang matang untuk memastikan bahwa strategi pendanaan yang Anda pilih sesuai dengan situasi dan kebutuhan bisnis Anda.

Related posts

Mengatasi Kebingungan dalam Mencari Ide Bisnis: 8 Cara Jitu

Agung

3 Rahasia Sukses Seorang Pengusaha

Agung

7 Formula Sukses dalam Bisnis yang Wajib Anda Coba

Agung

Leave a Comment