Bisnis

Belajar Bisnis Lewat Strategi Perang Jaman Kuno

Sun Zi, atau yang lebih dikenal dengan Sun Wu, adalah seorang filsuf terkenal yang mengarang buku militer monumental, “Seni Perang Sun Zi”. Karya ini telah menjadi pijakan utama dalam perkembangan strategi militer pada zaman kuno di Tiongkok. Dengan judul asli “Sun Zi Bingfa”, buku ini ditulis pada abad ke-6 dan terdiri dari 13 bab. Sejumlah pemimpin legendaris, mulai dari Mao Zedong hingga Napoleon, adalah beberapa di antara banyak tokoh yang terinspirasi dari strategi perang yang dituangkan oleh Sun Zi.

Baca juga : Tips Agar Tetap Fokus Saat Menjalankan Bisnis

Anda mungkin penasaran, mengapa saya membicarakan buku tentang perang dalam konteks artikel bisnis? Hal ini karena buku ini juga merangkum taktik-taktik bisnis, meskipun Sun Zi sendiri tidak secara langsung membahas bisnis di dalamnya.

Dalam versi terjemahan karya Suparto, saya akan membagikan beberapa pandangan mengenai hubungan antara strategi pemasaran dalam bisnis dengan strategi perang yang dianalisis oleh Sun Zi.

Raja VS Jenderal

Jika kita mengibaratkan bisnis sebagai sebuah pertempuran, maka Anda sebagai pemilik bisnis dapat diibaratkan sebagai seorang Raja yang memimpin suatu negara atau seorang Jenderal yang menguasai strategi perang.

Kapan Anda dapat disebut sebagai “Raja”?

Anda dapat disebut sebagai Raja ketika Anda sepenuhnya melepaskan kendali atas aspek pemasaran bisnis Anda. Artinya, Anda mempercayakan segala urusan pemasaran kepada para ahli atau pemasar Anda. Anda tidak terlibat secara langsung dalam mengetahui kondisi dan situasi pemasaran bisnis Anda.

Namun, Anda akan menjadi seorang Jenderal ketika Anda tetap memegang kendali atas urusan pemasaran. Anda memiliki pemahaman yang mendalam tentang situasi bisnis Anda, kondisi pesaing, serta strategi dan alat yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan.

Sun Zi menekankan bahwa Raja dan Jenderal harus bekerja bersama untuk meraih kemenangan dalam pertempuran. Artinya, jika Anda ingin memenangkan persaingan bisnis, Anda harus berkolaborasi dengan para pemasar Anda. Sun Zi menyarankan bahwa seorang Raja yang tidak memahami kondisi medan pertempuran sebaiknya menyerahkan kendali kepada Jenderalnya, agar keputusan yang diambil tetap sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan.

5 Strategi

Jika Anda ingin bersaing dengan kompetitor, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membandingkan keadaan musuh atau pesaing Anda dengan kondisi bisnis Anda sendiri. Dari sinilah Anda dapat memprediksi kemungkinan kemenangan atau kekalahan dalam persaingan tersebut.

Sun Zi juga mengajarkan konsep serupa dalam karyanya, yang dapat disamakan dengan strategi “double SW-ing”, di mana kita membandingkan kelebihan dan kelemahan bisnis pesaing dengan bisnis kita sendiri. Berikut adalah lima strategi yang relevan dengan dunia bisnis:

1. Kebijaksanaan Pemimpin

Apakah pemilik bisnis dari pesaing Anda memiliki sifat yang tamak, obsesif, atau egois? Jika iya, manfaatkan kelemahan tersebut untuk mengungguli mereka. Sun Zi menyarankan untuk memikat musuh yang tamak agar terjebak dalam perangkap yang telah kita atur.

2. Keahlian Strategis

Perhatikan strategi pemasaran yang digunakan oleh pesaing Anda. Apakah strategi yang Anda terapkan lebih efektif daripada strategi yang diterapkan oleh pemasar Anda?

3. Keuntungan Lokasi

Lokasi bisnis Anda dapat memengaruhi strategi pemasaran Anda. Ingatlah empat pilar pemasaran (4P): harga, produk, tempat, dan promosi. Apakah pesaing Anda memiliki keunggulan dalam lokasi mereka?

4. Keterampilan Karyawan

Karyawan dalam bisnis Anda dapat diibaratkan sebagai prajurit dalam medan perang. Pastikan karyawan Anda bekerja dengan rajin dan terampil, karena mereka memiliki pengaruh yang besar terhadap kemajuan bisnis Anda.

5. Peralatan Perang

Dalam konteks bisnis, “peralatan perang” dapat mencakup jaringan atau hubungan bisnis Anda, anggaran pemasaran yang Anda miliki, kualitas produk Anda, dan berbagai alat pemasaran yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

Baca juga : Menyusun Bisnis Online Sukses Bersama Pasangan: Panduan Praktis

Dengan memahami dan menerapkan strategi-strategi ini, Anda dapat meningkatkan daya saing bisnis Anda dan meraih kesuksesan yang lebih besar di pasar yang kompetitif. Sun Zi telah membuktikan bahwa prinsip-prinsip strategis yang ia tuliskan dapat diaplikasikan dalam berbagai konteks, termasuk dalam dunia bisnis modern.

Related posts

Komitmen Karyawan dalam Bisnis

Agung

Bahaya Omzet Semu di Dunia Marketplace: Cara Membangun Brand dan Mengatasi Tantangan

Agung

Mengoptimalkan Kesuksesan Bisnis Melalui Pemilihan Lokasi Strategis

Agung

Leave a Comment